List Building – Definisi List Building, Tujuan List Building, dan Keuntungannya

List Building dan email marketing

List Building

Jagoan List Building (JLB) – Ada sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik, pertanyaan ini datang dari sahabat saya di facebook. Dia bertanya tentang cara marketing apa yang paling efektif di internet. Sebenarnya saya pernah menjelaskan tentang cara-cara promosi yang efektif di internet pada blog LuluKemaludin.com. Anda bisa cari di Google dengan mengetik kata kunci “Cara-cara promosi” pasti Anda akan menemukan blog saya. hehe

Sudah ada dua postingan yang membahas mengenai hal tersebut di LuluKemaludin.com. Di bagian ke-2, List Building adalah salah satu topik yang saya bahas. Tapi, oke lah gak masalah jika saya fokuskan artikel mengenai List Building dan Email Marketing di sini. Karena memang blog ini fokus membahas seputar list building dan email marketing. hehe

Pertama, sebelum saya menjelaskan mengapa Anda harus membangun database prospek / list building, tentu saja saya jelaskan terlebih dahulu definisi list building, tujuan list building, dan keuntungan list building. Dari tiga hal ini Anda akan menyadari betapa pentingnya melakukan List Builidng sejak awal. So, apa itu “List Building“?

Mari kita mulai…

Pengertian List Building

List building adalah sebuah angkah awal untuk dapat melakukan marketing via email / email marketing, dengan cara mengumpulkan data contact para target market bisnis Anda. Sederhananya, list building adalah upaya mengumpulkan nama + alamat email (standarnya hanya nama dan email, bisa saja anda mengumpulkan alamat, nomor hp, dll).

Sebuah contoh:

Website AndhikaWijayaKurniawan.com

AndhikaWijayaKurniawan.com pada sidebar sebelah kiri menawarkan produk gratis

Pernahkah Anda melihat bagian yang saya tandai merah pada gambar di atas? Ya, itulah yang dinamakan opt-in form, dimana pada bagian itu terdapat form isian nama dan alamat email yang harus diisikan oleh pengunjung dengan iming-iming akan mendapat sesuatu secara gratis. Pernahkah Anda memasukan nama + email ke sebuah form seperti di atas, kemudian dalam hitungan detik Anda menerima email dari si pemiliknya?

Pertanyaannya, email itu sebenarnya dikirim oleh siapa? Apakah si pemilik? Kalau memang oleh sipemilik, kenapa begitu cepat responnya? Nah, inilah yang harus Anda tahu, bahwa sebenarnya email tersebut dikirim secara otomatis oleh sebuah mesin yang disebut Autoresponder. Mesin inilah yang akan bekerja untuk Anda. Memang, isi emailnya dibuat diawal oleh si pemilik, kemudian Autoresponder itulah yang akan bekerja sendiri mengirimkan email konfirmasi, email yang dijadwalkan, maupun email dadakan yang dikirim kepada seluruh member yang terdaftar pada milistnya. Mailing list ini adalah daftar email / email list.

Tujuan List Building

Tujuan list building adalah untuk menampung data kontak target market yang kemudian setelah list building itu dilakukan Anda bisa melakukan promosi menggunakan email kepada orang-orang yang data contactnya sudah Anda dapatkan sebelumnya melalui pembangunan data kontak tadi. Dan, melakukan follow-up secara otomatis. Anda sudah membaca paragrap sebelumnya? Coba perhatikan, bayangkan jika Anda harus mengirim email secara manual kepada ratusan atau bahkan puluh ribuan? Jari Anda bisa kriting bos! Hehe..

Selain dari mengumpulkan data email supaya bisa dikirimi email promo secara legal, ini juga berperan penting dalam urusan branding, relationship, dan promosi kapan pun yang Anda mau.

Keuntungan List Building

Dari beberapa penjelasan di atas, seharusnya Anda sudah menyadari betapa penting dan hebatnya peran list building dalam kesuksesan menjalankan bisnis via internet / dalam pemasaran di internet / internet marketing. Berikut akan coba saya jabarkan satu per satu apa saja keuntungannya, dan mengapa Anda harus melakukan list building sejak awal, sekalipun Anda hanya seorang blogger.

Berikut adalah keuntungan list building;

  1. Keuntungan list building yang pertama, membangun contact lits propek itu mudah. Manfaatkanlah sifat manusia yang suka dengan sesuatu yang sifatnya GRATIS! Mulai sekarang cobalah jangan langsung memberikan link download, buatlah opt-in form pada sidebar blog Anda, atau buat halaman khusus untuk membangun list (squezee page).
  2. Keuntungan list building yang kedua, list building = membangun sumber penghasilan tanpa batas. Coba pikirkan dan bayangkan dengan baik, ketika Anda berhasil mengumpulkan daftar prospek pada ceruk pasar yang Anda terjun di dalamnya, Anda bisa promosi tanpa bingung lagi kepada siapa Anda akan mempromosikannya. Produk atau jasa yang Anda promosikan bisa saja produk orang lain atau produk sendiri.

Dari poin nomor 2, katakan saja Anda mengirim email kepada 1000 orang, tentu saja 1000 orang tersebut tidak akan membeli semua, bukan? Nah, sekarang kira-kira berapa orang dari 1000 kontak tersebut yang akan membeli? 10%? Ah, terlalu besar! Oke, 1% saja lah… berarti ada 10 orang yang membeli. Coba hitung kembali, misal jika produk yang Anda promosikan adalah produk orang lain, dan komisi penjualan produk tersebut adalah Rp100.000,00. Jadi perhitungannya adalah 10×100.000=1.000.000.

Yes, Anda berpeluang mendapatkan 1 JUTA dari satu kali kirim email promosi, dari 1 produk, dengan 1 kali tekan tombol pengiriman. Ingat, tadi perhitungan kita itu hanya 1% loh. Bagaimana jika lebih? Mantap, bukan?

Sebenarnya masih banyak sekali keuntungan dari list building dan efektifitas email marketing sebagai salah satu tehnik marketing di internet. Saya rasa itu saja sudah leih dari cukup untuk membuat Anda segera take action membangun daftar kontak taret market Anda sejak sekarang.

Postingan selanjutnya akan membahas…

“Peralatan Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan List Building?”

Postingan lainnya yang wajib Anda baca…

Rahasia Mario Teguh, Tung Desem Waringin, dan Andrie Wongso yang jarang terungkap>>

Dengan kaitkata , , , , , , , , , ,

9 thoughts on “List Building – Definisi List Building, Tujuan List Building, dan Keuntungannya

  1. […] lupa baca juga satu tehnik marketing paling ampuh pada postingan lanjutannya yang berjudul  ”Definisi list building, tujuan list building, dan keuntungan list building>>” Dua artikel […]

  2. Herry mengatakan:

    Artikel yg bagus dan bermanfaat utk newbie spt saya.. Thanks..

  3. Peluang Usaha mengatakan:

    Baru tahu segitu pentingnya list building, thanks share nya

  4. muha mengatakan:

    ok juga bila dicoba

  5. tersurat mengatakan:

    thanks gan infonya, ane dapet ilmu baru nih😀

  6. M. Taufiq mengatakan:

    Makasih… Sudah lama saya dibombardir istilah ini oleh para IM…Nggak nahan juga untuk mengklarifikasinya. Makasih Mastah..

  7. Bagus dan lengkap artikelnya. Ijin buat referensi ya mas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: